Tuesday, November 6, 2012

Mengidentikan isi dan bagian suatu teks paragraf

Teks atau wawan cara merupakan suatu bahasa lengkap, realisasinya tampak pada bentuk karangan yang utuh seperti novel, buku, atau artikel. Dalam setiap teks atau wawancara terdiri atas bagian yang lebih kecil yaitu paragraf. Di dalam paragraf juga terdiri atas bagian yang lebih kecil yaitu kalimat utama dan kalimat penjelas.

http://penerbitterpercaya.blogspot.com/2012/11/mengidentikan-isi-dan-bagian-suatu-teks.html


''Paragraf'' adalah karangan mini (kecil) yang terdiri atas kalimat-kalimat, kalimat satu dengan kalimat lainya saling berhubungan dan hanya terdiri dari satu gagasan utama . 

Syarat paragraf yang baik bersifat kesatuan, pengembangan, koherensi, dan kohesif.

''Kesatuan'' maksutnya setiap paragraf itu terdiri atas kalimat kalimat, kalimat satu dengan kalimat lainya merupakan satu kesatuan yang menerangkan atau menjelaskan satu permasalahan, sehingga setiap paragraf terdiri atas satu gagasan utama.

''Pengembangan'' maksutnya bahwa di dalam setiap paragraf terdiri atas satu gagasan utama yang dapat di kembangkan ke dalam beberapa gagasan penjelas yang biasanya di tuangkan ke dalam kalimat penjelas.

''Koherensi'' maksutnya bahwa setiap paragraf terdiriatas kalimat kalimat, kalimat satu dengan kalimat lain dalam paragraf itu saling berkaitan dan mempunyai hubungan yang logis. Sedangkan

''Kohensif'' maksutnya bahwa setiap paragraf kalimat kalimatnya itu harus padu satu sama lainnya.

Kalimat dalam setiap paragraf ada yang berfungsi sebagai kalimat utama dan ada juga yang berfungsi sebagai kalimat penjelas.

''Kalimat'' utama merupakan yang menjadi dasar isi dari paragraf itu. Kalimat utama memiliki makna yang lebih umum (generik) di antara kalimat kalimat yang terdapat pada paragraf tersebut. Sedangkan

''Kalimat penjelas'' adalah kalimat yang menjelaskan dari kalimat utama. Kalimat penjelas memiliki makna yang lebih khusus (spesifik) dan memberikan dukungan atau penjelasan dari kalimat utama.


Gagasan utama memiliki kesamaan makna dengan gagasan pokok, ide pokok atau pemikiran utama. ''Gagasan utama atau ide pokok'' adalah pernyataan yang menjadi inti pembahasan dari paragraf itu atau pemikiran yang menjiwai\menjadi dasar isi dari paragraf itu. Gagasan utama\ide pokok biasanya ada di dalam kalimat utama. Gagasan utama\ide pokok dapat terletak di awal paragraf (deduktif), di akhir paragraf (innduktif), di awal dan di akhir paragraf(deduktif-induktif), di tengah (deskripsi) dan di seluruh paragraf atau penyebar. Pada umumnya letak gagasan utama\ide pokok ada di awal paragraf, di akhir paragraf dan di awali di akhir paragraf (campuan).

No comments:

Post a Comment